Kumpulan Lirik Lagu Minang

Kumpulan lirik lagu Minangkabau | Lirik lagu Sumatera Barat

Top Ads

Mengenal kelebihan dan keunikan Rendang


Lirik lagu Minang - Siapa yang tidak tahu makanan yang satu ini. Rendang saat ini sudah sangat di kenal di berbagai pelosok dunia, bahkan rendang juga telah mewakili Sumatera Barat sebagai trendsetter di bidang makanan. Rendang yang merupakan makanan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging serta santan sebagai bahan utama dalam kandungan yang kaya dengan rempah-rempah ini memiliki citarasa pedas dan di sukai oleh berbagai kalangan.

Keunikan Rendang yang paling terkenal adalah, memiliki daya tahan hingga beberapa bulan. Sehingga makanan khas Sumatera Barat yang satu ini seringkali dijadikan sebagai makanan yang sering di bawa oleh para jamaah yang hendak ke tanah suci sebagai bahan makanan selama di tanah suci. Keunikan lainnya yang dimiliki rendang, semakin sering di panaskan akan semakin lezat, meskipun tanpa ditambahkan bumbu-bumbu lainnya.

Di balik kelezatan Rendang, inilah beberapa keunikan dan fakta tentang Rendang :

- Semakin lama di simpan, maka rendang akan semakin enak. Karena rendang merupakan makanan yang mampu bertahan selama 3 bulan tanpa harus dipanaskan kembali.

- Rendang adalah masakan asli Indonesia yang merupakan khas Sumatera Barat yang telah di kenal di seluruh dunia. Dan hebatnya, rendang menjadi makanan nomor satu dalam World’s 50 Delicious Food versi CNN Internasional.

- Rendang merupakan olahan kreatif masyarakat Sumatera Barat yang konon dahulunya disajikan untuk raja serta kalangan bangsawan.

- Untuk memasak Rendang menjadi nikmat dan lezat, harus menggunakan santan dari kelapa yang tua untuk mendapatkan rasa gurih di balik lemak yang terkandung hanya dari kelapa yang tua.

- Dalam berbagai festival kuliner di internasional, masyarakat Eropa sering mencari rendang sebagai kuliner untuk di cicipi.

- Memasak Rendang itu bersifat gampang-gampang susah, karena tidak sembarangan memasaknya agar mendapatkan cita rasa yang khas. Jika memasak dengan api kecil, maka hanya akan menjadi kari daging. Bila tidak selesai proses memasaknya maka menjadi kalio daging, sedangkan bila dimasak lebih lama lagi baru akan menjadi rendang.

- Dalam pengolahan Rendang yang harus diutamakan adalah proses pengadukan santan yang harus dilakukan secara terus-menerus sampai rendang menjadi berwarna kehitaman.

- Meskipun Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat, namun cita rasa dari Rendang itu sendiri dipengaruhi oleh citarasa India.

- Orang Eropa menyukai rendang karena secara umum rasa yang ada pada rendang memiliki khas citarasa Mediteranian Eropa Timur serta India.

- Untuk memasak Rendang sebaiknya menggunakan kayu bakar. Karena api yang dihasilkan dari kayu bakar akan membuat daging menjadi matang secara sempurna.

- Rendang sudah ada kurang lebih sejak abad ke-8, masa kerajaan Adityawarman.

- Rendang memiliki arti atau filosofi tersendiri bagi masyarakat Sumbar. Yaitu ‘Musyawarah’, dimana berangkat dari 4 bahan pokok yang terkandung dalam Rendang itu sendiri:
-> Dagiang (daging sapi), merupakan lambang dari Niniak Mamak (para pemimpin suku adat)
-> Karambia (kelapa), merupakan lambang Cadiak Pandai (kaum intelektual)
-> Lado (cabai), merupakan lambang Alim Ulama yang pedas dan tegas untuk mengajarkan syarak (agama)
-> Pemasak (bumbu), yang merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minang

- Rendang berasal dari daerah pegunungan, tepatnya di daerah Pariangan, Padang, Sumatera Barat. Dari sanalah Rendang mulai merambah ke daerah-daerah hingga ke penjuru dunia.

- Pada awalnya Rendang di buat karena masyarakat Sumbar membutuhkan makanan yang dapat di bawa kemana-mana lebih dari 2 bulan. Karena seperti yang telah diketahui, secara umum masyarakat Minangkabau mayoritas merantau. Termasuk untuk bekal ketika naik haji, karena jaman dahulu memakan waktu berbulan-bulan dalam perjalanan ke Mekah. Maka dari itu rendang diawetkan dengan cara dikeringkan.